Banyak sekali pertanyaan yang muncul di sekitar kita tentang kenapa sih kamu harus menulis di BLOG? Kalau aku disuruh menjawab itu, mudah yaa... Karena aku salah satu wanita introvert yang senang menulis tanpa harus dibaca orang lain, atau kalaupun dibaca ya baca saja tanpa aku tahu.
Mengenal blog awalnya ketika aku masih kerja, sekitar tahun 2015. Coba-coba membuat blog dengan platform blogspot dan memakai nama samaran. Karena tujuannya untuk menumpahkan perasaan, aku buat namanya "About Your Heart".
Berisi cerita-cerita random tentang keseharianku sebagai istri, ibu, anak, dan juga karyawan. Kebayang kan bagaimana kesehariannya yang kalau diingat-ingat sekarang, MasyaAllah ternyata aku pernah berada di posisi yang seperti itu loh riwehnya. Menjalani hari dari bangun tidur sampai tidur lagi begitu-begitu saja, dan diulang-ulang terus.
Sampai setahun aku isi blog tanpa ikut komunitas ataupun berteman dengan orang lain. Aku menganggap blog seperti buku harian yang hanya perlu aku isi ketika sedang galau atau perlu menumpahkan rasa. Di tahun 2016 seingatku HP ku rusak dan akhirnya aku memutuskan ganti HP. Disinilah masalahnya, aku lupa password email dan akhirnya harus berganti email baru. Jadilah blog yang kupunya juga akhirnya tidak bisa dibuka dan terlupakan sampai sekarang.
Akhirnya di tahun 2022 aku bertemu komunitas ODOP (One Day One Post) di instagram dan tertarik untuk ikut oprec nya. Disinilah aku buat blog lagi karena ODOP mengharuskan untuk posting tulisan di blog setiap hari selama masa oprec.
Ternyata blog yang aku tahu sekarang sudah sangat berkembang manfaatnya. Dari blog banyak hal yang bisa kita dapat. Selain memang dengan blog kita bisa menumpahkan rasa dengan menulis, blog juga sekarang bisa menghasilkan rupiah, bisa dengan mendapat klien untuk kita menulis atau mengikuti event lomba khusus untuk blog.
Wah... Menarik ya, hal itu jadi membuatku semangat lagi untuk menulis di blog, setidaknya selain kita bisa healing dengan menulis, kita juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Hal itu juga yang membuat saya ingin sekali ikut blogspedia coaching, karena memang ilmu dasar aku tentang blog itu belum ada. Hanya sebatas tahunya ya menulis saja.
Kalau dirangkum, setidaknya ada 8 alasan kenapa sih kita harus menulis di blog, yaitu :
1. Membagikan cerita kita
Dengan bercerita di blog, itu dapat membantu diri kita untuk menghilangkan stress atau sekedar menumpahkan perasaan yang membuat sesak di dada.
2. Meningkatkan kemampuan menulis
Dengan terbiasa menulis di blog, bisa juga membantu kita untuk meningkatkan tulisan jadi lebih berkualitas.
3. Membantu orang lain
Bisa jadi dari tulisan kita di blog, ternyata jadi membantu orang lain untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Nah ini bikin tulisan kita jadi bermanfaat ya.
4. Tempat menyimpan momen dan foto
Jika kita terbiasa melakukan travelling, bisa juga diceritakan di blog. Ini bisa jadi tempat kita menyimpan foto dan kenangan, atau bisa juga jadi alasan orang lain berkunjung ke tempat yang kita kunjungi, karena membaca tulisan kita.
5. Belajar untuk disiplin
Ketika kita menulis di blog, biasanya kita memasang target untuk berapa kali menulis dalam satu pekan atau satu bulan. Hal itu membuat kita jadi lebih disiplin dalam menulis dan tentu saja membuat kita jadi lebih baik dalam menulis.
6. Mendapatkan klien
Walaupun tujuan awal dari menulis di blog bukan cuan, tapi ketika kita akhirnya mendapat klien dari tulisan kita di blog, itu menunjukkan kalau tulisan kita sudah lebih baik sehingga menarik klien untuk mempekerjakan kita.
7. Bertukar pendapat
Dengan adanya blog, kita bisa tukar pendapat melalui kolom komentar. Misalkan kita menulis satu topik yang sedang viral, dan akan ada banyak komentar yang masuk, hal itu bisa membuat kita jadi bertambah juga wawasannya.
8. Mendapatkan uang
Nah ini mungkin tidak dilihat besar kecilnya yang didapat, tapi lebih kepada apresiasi pada tulisan yang kita buat. Bisa dengan bekerja di instansi atau kita mengikuti lomba blog.
Hal lain yang biasanya timbul ketika kita aktif menulis di blog, yaitu masalah bagaimana kita mengelola waktu kita untuk menulis. Hal itu memang akan selalu menjadi masalah bagi setiap individu, apalagi kalau yang biasa menunda-nunda untuk melakukan sesuatu.
Disini aku akan mencoba memberikan beberapa tips yang semoga bisa membantu teman-teman untuk lebih bijak dalam mengelola waktu, diantaranya :
1. Menuliskan semua rencana
Kita bisa memulai untuk mengatur waktu kita dengan baik mungkin dengan menulis rencana kita apa saja dalam satu pekan misalnya. Lalu kita bagi rencana kita itu sesuai dengan waktu yang ada. Dan jangan lupa untuk membuat urutan mana rencana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.
2. Manfaatkan tekhnologi yang ada
Seperti kita ketahui tekhnologi sudah begitu canggih. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengingatkan diri kita pada jadwal rencana yang sudah kita buat. Jadi kita tidak harus membawa catatan ke mana-mana. Cukup dengan memasang alarm pemberitahuan di ponsel atau di smart watch kita.
3. Biasakan diri untuk fokus
Ketika kita dihadapkan pada banyak pekerjaan, jangan buat diri ini terbagi-bagi memikirkan semuanya. Tapi fokuslah pada apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Itu akan membantu pekerjaan kita jadi lebih cepat selesai dan hasilnya lebih maksimal.
4. Jangan pernah menunda-nunda
Nah ini dia penyakit yang sering muncul ketika kita mengisi hari dengan pekerjaan. Menunda satu hal karena menganggapnya mudah. Jangan ya teman, karena satu hal tertunda akhirnya hal lain pun akan ikut tertunda juga. Kalau sudah menumpuk bisa membuat diri kita jadi stress lohhh.
5. Tidur yang cukup
Ini penting sekali ya. Karena tidur yang cukup bisa membuat kita lebih semangat dan segar untuk menjalani hari. Pikiran juga jadi lebih rileks dan tubuh akan lebih terjaga kesehatannya.
6. Biasakan untuk menyelesaikan hal yang penting lebih dahulu.
Hal ini sangat membantu kita untuk mewujudkan keberhasilan dalam mengelola waktu. Dengan membiasakan untuk memprioritaskan hal yang penting, kita jadi punya banyak waktu untuk hal-hal lain yang lebih mudah. Selain itu juga bisa mengurangi datang stress karena merasa dikejar-kejar hal yang mendesak.
Itu ya teman-teman tentang tips dalam pengelolaan waktu, aku juga masih belajar untuk terus melakukan semua tips. Semoga bermanfaat ya untuk kalian.
Sampai jumpa lagi...
Wah mantapp jadi termotivasi untuk tetap produktif kak. Btw mau curhat dikit hehehe, kalau banyak tugas atau pekerjaan sering kali lupa makan, tidur dan mandi hehehe. Bagaimana solusi dari masalah tersebut kak?
ReplyDeleteSolusinya sebelum mulai kerja mandi dan makan dulu kak
DeleteWah bner juga yah memanfaatkan teknologi,, bru kepikiran. Hihi. Ditunggu tulisan berikutnya ka. Sangat bermanfaat.
ReplyDeleteTerima kasih kak
DeleteSeneng kak baca semangat kakak yang kembali blogging dan nulis dibalik kesibukan multi perannya, great!
ReplyDeleteIya kak terima kasih
DeleteMembantu orang lain melalui tulisan, juga bisa. Mungkin, ada orang yang membutuhkan solusi yang sudah tersedia di tulisan kita.
ReplyDeleteIya kak, terima kasih masukannya
DeletePingin tidur cukup, tapi ide sering muncul di malam hari, apa kaka pernah mengalami hal demikian??
ReplyDeleteIya kak, kalau lagi begitu saya tulis di note hp aja kak garis besar nya. Jadi ga kepanjangan nulisnya, hehehe
DeleteWah mbak rani juga ikutan ODOP yaa.. samaan kita. Aku jg gabung di ODOP
ReplyDeleteIya kak, kak ami ODOP berapakah? Aku ODOP 10
Delete